Breaking News
Loading...
Selasa, 12 April 2016

8 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

8 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan


Semangka atau tembikai (Citrullus lanatus, suku ketimun-ketimunan atau Cucurbitaceae) merupakan tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekerabat dengan labu-labuan (Cucurbitaceae), melon (Cucumis melo) dan ketimun (Cucumis sativus). Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat jus. Biji semangka yang dikeringkan dan disangrai juga dapat dimakan isinya (kotiledon) sebagai kuaci.

Manfaat buah semangka sangat baik bagi tubuh yang berperan untuk membantu kesehatan dan menjaga metabolisme tubuh. Buah semangka adalah salah satu buah tropis yang menyegarkan dan kaya kandungan air, sangat cocok dinikmati saat cuaca panas. Selain enak dinikmati, semangka menyimpan kandungan yang memiliki manfaat beragam. Semangka merupakan anggota dari keluarga Cucurbitaceae botani. Satu cangkir semangka yang dipotong dadu sebanyak (152 gram) mengandung :

  • 43 kalori
  • 0  gram lemak
  • 2 gram natrium
  • 11 gram karbohidrat (termasuk 9 gram gula dan 1 gram serat)
  • 1 gram serat

Satu cangkir semangka akan memberikan 17% dari vitamin A, 21% vitamin C, 2% dari besi dan 1% dari kebutuhan kalsium untuk hari. Di balik nutrinya tersebut, buah semangka ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan, bahkan kecantikan. 

Berikut 8 Manfaat buah semangka bagi kesehatan

  • Mengurangi sebum(minyak) pada wajah. Pori-pori kulit yang besar dapat memicu kelenjar minyak bersekresi berlebih. Buah semangka dengan kandungan Vitamin A nya, dapa meminimalkan permasalahan minyak di wajah.
  • Pencegahan sariawan. Sariawan ditimbulkan dari bakteri yang berkembang biak dengan baik pada rongga mulut yang kering. Memakan semangka memberikan konsumsi air dan vitamin yang dapat mengurangi perkembang biakan bekteri di mulut. Bagi pencegahannya mengkonsumsi semangka dapat disandingkan dengan vitamin C seperti pada manfaat jeruk, manfaat lemon dan manfaat jambu biji.
  • Memelihara kesehatan ginjal. kalium yang terkandung dalam manfaat buah semangka ini, membersihkan zat-zat racun pada ginjal, sehingga membantu kerja ginjal. Buah semangka juga mengurangi kadar asam urat yang menekan resiko pembentukan batu ginjal.
  • Menjaga kesehatan Jantung. Semangka dinobatkan sebagai makanan yang dapat menjaga kesehatan jantung. Sertifikat tersebut diberikan oleh The American Heart Association yang telah berpengalaman sejak lama untuk meneliti lebih jauh mengenai organ jantung manusia mulai dari nutrisi yang baik untuk jantung serta pengobatan penyakit yang berkaitan dengan jantung.
  • Mencegah Berbagai Jenis Kanker. Para peneliti juga menemukan kemampuan semangka dalam upaya mencegah kanker payudara, prostat, endometrium, paru-paru serta kanker usus besar. Jadi apabila Anda tidak ingin mengidap salah satu penyakit kanker tsb, banyaklah konsumsi aneka olahan semangka.
  • Membuat Tidur Nyenyak. Semangka juga membantu Anda tidur lebih pulas karena kandungan karbohidrat polisakarida di dalamnya dapat meningkatkan kadar seretonin. Terjadinya peningkatan kadar seretonin ketika tidur di malam hari membuat otak Anda tidak sensitif terhadap rangsangan yang mengganggu seperti suara, sehingga tidur Anda lebih berkualitas.
  • Menurunkan Berat Badan. Rasa manis yang dihasilkan dari buah ini tidak akan mempengaruhi kondisi kesehatan Anda. Selain itu buah semangka tidak rendah kalori dan hampir tidak mengandung lemak ataupun kolesterol yang cenderung mengakibatkan berat badan meningkat.
  • Obat kuat yang alami. Konsumsi semangka pada pria dapat mengurangi dan mengobati impoten. Penelitian ini dituturkan oleh  Dr. Bhimu Patil, direktur Texas A&M’s Fruit and Vegetable Improvement Center di College Station, seperti dilansir sciencedaily. Tentu saja semangka tidak menimbulkan efek samping seperti yang terjadi pada orang yang mengkonsumsi obat  kuat.

Agar lebih jelas dalam memahami manfaat buah semangka, berikut ini adalah beberapa manfaat lain dari buah semangka :

  • Buah semangka dapat memenuhi kebutuhan vitamin C untuk tubuh karena kandungan vitamin C dalam buah semangka sangat tinggi.
  • Buah semangka dapat membantu menjaga kesehatan mata karena memiliki kandungan provitamin A.
  • Buah semangka baik untuk orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi karena buah ini dapat mengurangi dan membantu mengeluarkan kadar kolesterol dari tubuh manusia.
  • Buah semangka sangat baik untuk mencegah dan mengobati penyakit jantung. Jadi bagi Anda yang menderita serangan jantung, cobalah mengonsumsi buah semangka secara rutin setiap hari.

Itulah sedikit pembahasan sekilas mengenai khasiat dari buah semangka, Terimakasih atas kunjungan anda ke website kami, semoga bermanfaat.


Posted By : Obat Herbal Kista Ovarium

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer